Mana yang paling banyak randomers lihat? layar smart phone atau tablet dengan Netflix-nya, Laptop atau PC dengan youtube dan streaming bajakannya, atau TV dengan banyak siaran yang di-claim mendidik sampai sama sekali tidak mendidik?
Penghujung April lalu sempat terjadi obrolan bersama Jimmy (teman masa kuliah) yang diawali dari berhentinya acara Tonight Show di NET TV selama Bulan Puasa, tapi konon kabarnya walopun masih hanya sekedar kabar angin bahwa acara tersebut memang di hentikan permanen, coba simak obrolan antara Deddy Mahendra (Desta) bersama salah satu penanggung jawab program Tonight Show di podcast DESTAnya Siapa?
Eniwe, obrolan tersebut menggambarkan tentang bisnis televisi yang cukup samar-samar terdengar. Yang paling mengejutkan, acara tersebut ternyata memiliki rating paling rendah dibandingkan program lainnya. Tapi! ternyata penontonnya yang biasa disapa Tonight Lovers sangat militan sekali (sorry sebelumnya saya gak punya data orang-orang militan).
Jujur ya, walopun dulu saya belajar tentang advertising, tetep aja kalo nonton TV dan ada jeda iklan pasti saluran akan ganti sementara sekitar kurang dari 5 menit. Iklan di Youtube sekarang juga makin sering walopun paling sedikit berdurasi 5 detik. Tapi tetep aja bos! Lagi nonton nostalgia full game NBA di Youtube, LeBrown James buzzer biter tiba-tiba iklan kan anj*ng juga.
Jual TV apa gak ya?
Bisa diprediksi sih kenapa rating tv rendah padahal fansnya banyak, termasuk saya. Karena kebanyakan ga nonton langsung di tv, tapi rekamannya di Youtube. Demografi penontonnya ya seumuran kita yg udah jarang banget nyetel tipi.
BalasHapusSaya ga pernah dapet iklan yutub soalnya pasang adblock di browsernya hehe.